Bunga Melati

Mei 24, 2010 nhiarsweet

Melati (jasminum sambac) termasuk tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Bunganya berwarna putih mungil dan berbau harum, sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Melati, dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dengan ketinggian sekitar 600 atau 800 meter diatas permukaan laut, asalkan mendapatkan cukup sinar matahari. Melati dapat dikembangbiakkan dengan cara stek. Tunas-tunas baru akan tampak setelah berusia sekitar 6 minggu.

Kandungan Melati:
Melati mengandung senyawa-senyawa unsur kimia yang besar manfaatnya untuk pengobatan. Kandungan kimia yang ada tersebut antara lain indol, benzyl, livalylacetaat.

Bunga Melati (Jasminum sambac, Ait)

Khasiat Melati :
Bunga melati berkhasiat untuk mengatasi Kelebihan ASI, Sakit mata, Demam, Sakit Kepala, Sesak Napas dll.

Resep Tradisional Melati:
1.Sesak napas : Bahan: 20 lembar daun melati dan garam secukupnya Cara membuat: bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
2.Bengkak akibat serangan lebah : Bahan: 1 genggam bunga melati Cara membuat: bahan tersebut diremas-remas sampai halus Cara menggunakan: ditempel pada bagian yang disengat lebah.
3.Menghentikan ASI yang keluar berlebihan : Bahan: 1 genggam daun melati Cara membuat: bahan tersebut dipipis halus Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
4.Sakit mata (mata merah atau belek) : Bahan: 1 genggam daun melati Cara membuat: bahan tersebut dipipis halus Cara menggunakan: ditempel pada dahi, apabila sudah kering diganti baru, ulangi sampai sembuh.
5.Demam dan sakit kepala : Bahan: 1 genggam daun melati, 10 bunga melati Cara membuat: bahan tersebut diremas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakan: air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.
6.Sesak napas : Bahan: 20 lembar daun melati dan garam secukupnya Cara membuat: bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
Sumber : http://lenterahati.web.id/khasiat-melati.html#more-731

Putih-putih melati, Ali Baba
Merah-merah delima, Pinnochio
Siapa yang baik hati, Cinderella
Tentu di sayang mama
Bunga yang pertama kali kepikiran buat ditanam adalah melati. Bukan melati air lho, soalnya dulu belum tahu juga yang namanya melati air.
Kenapa pilih melati?
1. Mudah ditanam
2. Bunganya wangi
Kenyataannya, susah banget buat bikin bunga melati ini berbunga (makanya pindah ke lain hati deh, ke Melati Air yang pasti berbunga tiap pagi. Sayang engga wangi *hiks*)
Makanya, pas melati ini berbunga, wuah.. senengnya…
Bunga melati ini sering dipakai buat upacara keagamaan, pernikahan, pelengkap teh, wewangian aromatherapy, dll
Melati yang dikenal di Indonesia adalah melati putih dan melati gambir (putih kekuningan). Kalau yang baunya wangi, ya melati putih yang dikenal dengan nama latinnya Jasminium Officinale. Asal kata Jasminium ini adalah dari bahasa Iran kuno: Yasaman. Bahkan di negara jazirah Arab, penyebutan bunga ini adalah yasmin yang artinya bunga putih.
Melati yang paling wangi adalah yang masih berupa kuncup yang dipetik di pagi hari (jam 06.00-an gitu deh).
Kalo lihat film2 indo jaman dulu, ibu2 suka mengharumkan tempat tidurnya dengan menaburkan melati; atau seperti my collague suka menyimpan semangkok melati di mobil sebagai pengganti wewangian mobil yang sangat chemical itu. Wanginya harum dan samar. Atau kalau ke toko batik di Yogya, suka juga dicampur dengan bunga kenanga (~Cananga Odorata~ punya juga lho…! *hehehe bangga nih*) dan racikan irisan halus daun pandan (~Pandanus Amaryllifolium~ yang ini juga ada di kebun). Campuran ini diletakkan di mangkok/bokor dan diletakkan di berbagai sudut toko. Makanya wanginya khas deh; selain tentunya wangi dari batik iu sendiri.
Atau kalo lagi ke tempat spa, kalo mau berendam dengan bunga yang disebut bunga setaman, tentu pakai melati juga selain mawar, cempakan dan kenanga.
Selain itu, di secangkir teh khas Indonesia hampir dipastikan ada campuran bunga melati juga. Bahkan, teh hijau dari Dilmah ada juga lho yang menggunakan melati sebagai campurannya. Wah.. paper teabag yang ini benar2 nikmat dan wangi. Namanya Special Green Tea – Jasmine (Pure green tea with natural jasmine flower).
Pastinya, banyak deh yang bisa dimanfaatkan dari sekuntum kecil putih melati.
Makanya, ayo menanam melati di kebun kita…
Penanaman & Perawatan
Pada masa awal pertumbuhan, tanaman memerlukan tambahan pupuk urea atau nitrogen yang dibutuhkannya untuk membantu perkembangan vegetatif (pertumbuhan daun, percabangan, penambahan tiggi batang dan perakaran) secukupnya, sekali dalam setiap 2 bulan. Tanaman baru akan berbunga setelah usia 10 bulan. Mula2 bunga yang dihasilkannya sedikit, tetapi setelah berusia 18 bulan, bunganya mencapai jumlah maksimal.
Pada saat berbunga ini, pupuk yang diberikan adalah pupuk yang merangsang pembentukan bunga, yang mengandung fosfor seperti pupuk TSP dengan kombinasi pupuk yang menganduk kalium seperti KCL atau ZK.
Untuk memperbanyak bunga, dapay dilakukan dengan cara pemangkasan bagian cabang tanaman atau dengan memberikan penyemprotan zat perangsang (spt: Cyocel atau Etheral) tumbuhnya bunga pada bagian bawah daun tanaman melati.

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Mei 2010
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts